Breaking News

Rabu, 23 November 2016

RPP Kimia Kelas XI Asam Basa 2

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP 2)

Nama Sekolah                       :  SMAN 1 Panca Lautang
Mata Pelajaran                      :  Kimia 
Kelas / Semester                   :  XI / 2
Alokasi Waktu                      :  1 x Pertemuan

I.  Standar Kompetensi
4. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya

II. Kompetensi Dasar  
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan. 
III. Indikator :
  1. Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator



IV.Tujuan
  1. Siswa dapat mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator melalui diskusi kelompok dengan benar. 
V. Materi
ร˜  Sifat larutan asam dan basa.


VI. Model/Metode/Pendekatan:
  Model             : Model Pembelajaran Koperatif tipe STAD
Metode            : Diskusi, Persentasi
Pendekatan    : Contextual Teaching and Learning (CTL)

 VII.Media Pembelajaran
-       Laptop
-       LCD Proyektor
-       White board


VIII. Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Memeriksa kehadiran siswa.
2.    Apersepsi:
Memberikan informasi tentang tata tertib laboratorium.
3.    Motivasi
Memberikan contoh kegunaan larutan asam basa di lingkungan. (fase 1 STAD)
4.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Fase 1 STAD)
10 Menit



                                 
B. Inti
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.      Menjelaskan tentang percobaan yang akan dilakukan. (Fase 2 STAD)
2.      Mengorganisasi siswa kedalam kelompok yang telah di tentukan sebelumnya. (Fase 3  STAD)
3.      Membagikan LKS kepada setiap kelompok.
4.      Meminta setiap kelompok untuk menyediakan bahan-bahan yang akan diuji.
5.      Meminta perwakilan kelompok mengambil alat yang akan digunakan dalam praktikum.
6.      Melaksanakan praktium sesuai dengan prosedur yang tercantum dalam LKS.
7.      Membimbing kelompok yang mengalami  kesulitan dalam mengerjakan LKS (Fase 4  STAD)
8.      Meminta siswa untuk  mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain memperhatikan serta memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya. (Fase 5 STAD)
9.      Memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi.
10.  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik. (Fase 6 STAD)
70 menit









C. Penutup
Kegiatan
Alokasi waktu
1.      Membimbing siswa membuat kesimpulan materi pelajaran yang telah diajarkan.
2.       Meminta setiap kelompok untuk membuat laporan lengkap hasil praktikum.
3.       Memberikan informasi tentang materi selanjutnya.
10 Menit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog