Breaking News

Rabu, 23 November 2016

RPP Kimia Kelas XI Asam Basa 1

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP 1)

Nama Sekolah                       :  SMAN 1 Panca Lautang
Mata Pelajaran                      :  Kimia
Kelas / Semester                   :  XI / 2
Alokasi Waktu                      :  1 x Pertemuan

I.  Standar Kompetensi
4. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya

II. Kompetensi Dasar  
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.


 III. Indikator
III. 
  1. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
  2. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
  3. Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
  4. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
IV. Tujuan 
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius melalui diskusi kelompok dengan benar.
  2. Siswa dapat menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry melalui diskusi kelompok dengan benar.
  3. Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya melalui diskusi kelompok dengan benar.
  4. Siswa dapat menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis melalui diskusi kelompok dengan benar.
V. Materi
Ø  Teori Asam Basa

 VI. Model/ Metode/Pendekatan
  1.  Model             : Model Pembelajaran Koperatif tipe STAD
  2.   Metode            : Diskusi, Persentasi
  3.  Pendekatan    : Contextual Teaching and Learning (CTL)

 VII. Media Pembelajaran
-       Laptop
-       LCD Proyektor
-       White board

VIII. Proses Belajar Mengajar
  
A. Pendahuluan
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Salam pembuka
2.    Memeriksa kehadiran siswa.
3.    Menginformasikan pokok bahasan pada semester II
4.    Apersepsi:
Menanyakan senyawa yang dapat larut dalam air dan yang tidak larut dalam air.
5.    Motivasi
Memberikan beberapa contoh produk dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung asam dan basa. (fase 1 STAD)
6.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Fase 1 STAD)
10 Menit



                                 
B. Inti

Kegiatan
Alokasi Waktu
Eksplorasi :
1.      Menjelaskan materi pokok tentang asam basa. (Fase 2 STAD)
2.      Mengorganisasi siswa kedalam kelompok koperatif 4-5 orang (Fase 3  STAD)
Elaborasi :
3.      Membagikan LKS kepada setiap kelompok dan meminta siswa bekerja sama untuk menyelesaikan LKS tersebut.
4.      Membimbing kelompok yang mengalami  kesulitan dalam mengerjakan LKS (Fase 4  STAD)
5.      Meminta siswa untuk  mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain memperhatikan serta memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya. (Fase 5 STAD)
Konfirmasi :
6.      Memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi.
7.      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik. (Fase 6 STAD)
70 menit









C. Penutup

Kegiatan
Alokasi waktu
1.       Membimbing siswa membuat kesimpulan materi pelajaran yang telah diajarkan.
2.       Memberikan informasi tentang materi selanjutnya.
10 Menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog