RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2)
Nama Sekolah : SMAN 1 Panca Lautang
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
I. Standar Kompetensi
4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
II. Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
III. Indikator :
- Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator
- Siswa dapat mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator melalui diskusi kelompok dengan benar.
V. Materi
Ø Sifat larutan asam dan basa.
VI. Model/Metode/Pendekatan:
Model
: Model
Pembelajaran Koperatif tipe STAD
Metode : Diskusi, Persentasi
Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
VII.Media Pembelajaran
- Laptop
- LCD
Proyektor
- White
board
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
Memeriksa
kehadiran siswa.
2.
Apersepsi:
Memberikan informasi tentang tata
tertib laboratorium.
3.
Motivasi
Memberikan contoh kegunaan
larutan asam basa di lingkungan. (fase 1 STAD)
4. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. (Fase 1 STAD)
|
10 Menit
|
B. Inti
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
Menjelaskan
tentang percobaan yang akan dilakukan. (Fase 2 STAD)
2.
Mengorganisasi siswa kedalam
kelompok yang telah di tentukan sebelumnya. (Fase 3 STAD)
3.
Membagikan
LKS kepada setiap kelompok.
4.
Meminta
setiap kelompok untuk menyediakan bahan-bahan yang akan diuji.
5.
Meminta perwakilan kelompok
mengambil alat yang akan digunakan dalam praktikum.
6.
Melaksanakan praktium sesuai dengan prosedur
yang tercantum dalam LKS.
7.
Membimbing
kelompok yang mengalami kesulitan
dalam mengerjakan LKS (Fase 4
STAD)
8.
Meminta
siswa untuk mempresentasikan hasil
kerja kelompoknya dan kelompok lain memperhatikan serta memberikan tanggapan
terhadap presentasi temannya. (Fase
5 STAD)
9.
Memberikan umpan balik terhadap
hasil diskusi.
10. Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik. (Fase 6 STAD)
|
70 menit
|
C.
Penutup
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1. Membimbing
siswa membuat kesimpulan materi
pelajaran yang telah diajarkan.
2. Meminta
setiap kelompok untuk membuat laporan lengkap hasil praktikum.
3. Memberikan informasi tentang materi
selanjutnya.
|
10 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar