RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama
Sekolah :
SMAN 1 Panca Lautang
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas
/ Semester : XI / 2
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan
Standar Kompetensi
4.
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa,
metode pengukuran, dan terapannya
Kompetensi Dasar
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan
penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
Indikator
1.
Menganalisis
larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
Tujuan
1.
Siswa dapat menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui
percobaan.
Langkah pembelajaran
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.Berdoa
bersama dan mengabsen kehadiran siswa
2.Apersepsi
: Menanyakan kembali hasil reaksi antara asamdan basa.
3.Memotivasi siswa dengan memberikan
pertanyaan dengan contoh larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.
3.Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Fase 1 STAD)
|
10
Menit
|
B. Inti
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Eksplorasi
:
1.
Menjelaskan
materi
pokok tentang
praktek larutan penyangga. (Fase 2 STAD)
2.
Mengorganisasi siswa kedalam
kelompok koperatif 4-5 orang (Fase 3
STAD)
Elaborasi :
3.
Membagikan
LKS kepada setiap kelompok dan meminta siswa bekerja sama untuk melaksanakan
praktikum sesuai dengan prosedur dalam LKS tersebut.
4.
Membimbing
kelompok yang mengalami kesulitan
dalam praktikum (Fase 4
STAD)
5.
Meminta
siswa untuk mempresentasikan hasil
kerja kelompoknya dan kelompok lain memperhatikan serta memberikan tanggapan
terhadap presentasi temannya. (Fase
5 STAD)
Konfirmasi
:
6.
Guru memberikan penguatan jawaban
hasil diskusi.
7.
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang berkinerja baik. (Fase 6 STAD)
|
70 Menit
|
C.
Penutup
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
1. Membimbing
siswa membuat kesimpulan praktikum yang telah diajarkan.
2. Memberikan informasi tentang materi
selanjutnya.
3. Memberikan
tugas membuat laporan lengkap dari praktikum.
|
10 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar