RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Nama
Sekolah :
SMAN 1 Panca Lautang
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas
/ Semester : XI / 2
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan
I. Standar Kompetensi
4.
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa,
metode pengukuran, dan terapannya
II. Kompetensi Dasar
4.1
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan
menghitung pH larutan.
III. Indikator
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
- Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
- Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
IV. Tujuan
- Siswa dapat menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
melalui diskusi kelompok dengan benar.
- Siswa dapat menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
melalui diskusi kelompok dengan benar.
- Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi
asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan
basa konjugasinya melalui diskusi kelompok dengan benar.
- Siswa dapat menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis melalui diskusi kelompok dengan benar.
V. Materi
Ø Teori Asam Basa
VI. Model/ Metode/Pendekatan
- Model : Model Pembelajaran Koperatif tipe STAD
- Metode : Diskusi, Persentasi
- Pendekatan : Contextual Teaching and Learning (CTL)
VII. Media Pembelajaran
- Laptop
- LCD
Proyektor
- White
board
VIII.
Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
Salam
pembuka
2.
Memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Menginformasikan
pokok bahasan pada semester II
4.
Apersepsi:
Menanyakan senyawa yang dapat
larut dalam air dan yang tidak larut dalam air.
5.
Motivasi
Memberikan beberapa contoh produk dalam kehidupan
sehari-hari yang mengandung asam dan basa.
(fase 1 STAD)
6.
Mengkomunikasikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Fase
1 STAD)
|
10 Menit
|
B. Inti
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Eksplorasi
:
1.
Menjelaskan
materi
pokok tentang asam
basa. (Fase 2 STAD)
2.
Mengorganisasi siswa kedalam
kelompok koperatif 4-5 orang (Fase 3
STAD)
Elaborasi :
3.
Membagikan
LKS kepada setiap kelompok dan meminta siswa bekerja sama untuk menyelesaikan
LKS tersebut.
4.
Membimbing
kelompok yang mengalami kesulitan
dalam mengerjakan LKS (Fase 4
STAD)
5.
Meminta
siswa untuk mempresentasikan hasil
kerja kelompoknya dan kelompok lain memperhatikan serta memberikan tanggapan
terhadap presentasi temannya. (Fase
5 STAD)
Konfirmasi :
6.
Memberikan umpan balik terhadap
hasil diskusi.
7.
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang berkinerja baik. (Fase 6 STAD)
|
70 menit
|
C.
Penutup
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1. Membimbing
siswa membuat kesimpulan materi
pelajaran yang telah diajarkan.
2. Memberikan informasi tentang materi
selanjutnya.
|
10 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar